Welcome to my sites

> Categories

> Archives

(May 14th, 2007)

Biogas Hadir Di Sewon

Posted by afa_05 in energi.

       Tanggal 23 Januari 2007 kemarin, teman-teman KAMASE melaksanakan KKN-PPM selama 2 bulan. Salah satu tema yang diangkat pada KKN kali ini adalah mengenai pembuatan instalasi biogas. Instalasi biogas ini dibangun di Dusun Kweni, Kecamatan Sewon, Kelurahan Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.More...
       Di dusun Kweni sendiri terdapat kandang kelompok sapi sehingga akan lebih memudahkan ketika akan dibangun sebuah instalasi biogas, karena bahan baku berupa kotoran sapi yang melimpah dibandingkan dengan kandang terpencar. Menurut Yunus (1987) bahwa dalam sehari rata-rata seekor sapi menghasilkan 29 kg. berikut tabel produksi kotoran ternak. 

tabel11.jpg

Sumber : Yunus (1987)

       Awalnya masyarakat sekitar lebih banyak meletakkan kotoran sapinya di dekat kandang sehingga hal ini dapat menimbulkan pencemaran udara, dan baru sedikit yang dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik.
       Digester yang dibangun menggunakan tandon air dengan kapasitas 2000 liter sedangkan penampung gasnya berkapasitas 250 liter. Instalasi biogas ini merupakan penggabungan antara fixed dome untuk digester dan floating drum untuk penampung gas, sperti terlihat pada gambar dibawah.
 

gambar.jpg

        Digester yang digunakan ditempatkan sebagian dalam tanah, hal ini dimaksudkan untuk menjaga temperatur tetap stabil sehingga tidak terjadi perubahan temperatur. Perubahan temperatur akan mengakibatkan bakteri yang terdapat dalam digester menjadi tidak optimal atau bahkan mati. Sedangkan penggunaan penampung gas secara floating drum yakni dimaksudkan agar dapat diamati produksi biogas yang dihasilkan, dengan dihitung kenaikan penampung gas yang diakibatkan oleh tekanan gas yang berada dalam penampung gas tersebut.
       Instalasi yang dibangun meliputi saluran inlet, digester, saluran outlet dan penampung gas. Untuk mencegah timbulnya kerak pada dasar digester dan lapisan atas slurry, maka dibuat sebuah pengaduk manual. Hal ini dikarenakan lapisan kerak dapat mencegah gas yang akan keluar dari digester (anonim, 1981). Lapisan kerak tersebut dapat mempengaruhi perkembangan mikroorganisme yang erat hubungannya dengan produksi biogas. Pengadukan juga memberikan kondisi temperatur yang homogen dalam digester (Taconi dalam Ginting, 2006). Menurut anonim (1981) pengadukan pada digester dapat meningkatkan produksi gas sebesar 10 – 15% dibandingkan dengan yang tidak diaduk.
Untuk menghilangkan H2O yang ikut dalam aliran gas maka perlu adanya water trap. Perangkap H2O biogas akan dilewatkan melalui pipa T yang terhubung dengan tabung air. Uap air yang ikut bersama biogas diharapkan turun melalui pipa ke tabung penampung air (Yunus, 1987).
       Biogas sendiri bukanlah teknologi baru dan tergolong teknologi yang mudah, baik dalam hal pembuatan maupun perawatannya. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa perawatan menjadi kendala utama dalam keberlanjutan biogas itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum membangun instalasi biogas terlebih dahulu kami melakukan sosialisasi mengenai biogas. Dalam pembangunannya pun kami melibatkan peran masyarakat dan menjelaskan teknis penggunaan instalasi biogas ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk pemanfaatan gas tersebut belum dapat ditentukan, apakah untuk penerangan ataukah memasak di sekitar kandang. Semoga dengan adanya instalasi biogas di Sewon, khususnya di dukuh Kweni dapat membantu masyarakat sekitar dan tidak menambah “museum” biogas lagi di Indonesia. Untuk itu peran masyarakat sangat penting dalam keberlanjutan biogas ini.
 
 
 Referensi
- Anonim, 1981, Biogas Fertilizer System. Technical Report on a Training Seminar in China, United Nations Environment Programme, Nairobi.
 

- Ginting, E., H., 2006, Perancangan Fasilitas Biogas Kandang Terpencar Kelompok Ternak Tani Pandan Mulyo Dukuh Ngentak, Skripsi, Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


- Yunus, M., 1987, Teknik Membuat dan Memanfaatkan Unit Gas Bio, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
 

73 comments to “Biogas Hadir Di Sewon”

  1. Rhidwan said:

    Salam kenal,
    saya tertarik dengan teknologi bio gas ini, namun berbeda dgn Bpk aplikasikan sumber biogas dari kotoran ternak bila dari limbah singkong bgm? di daerah kami banyak limbah singkong shg menimbulkan pencemaran,mohon pencerahannya.Thanx

  2. sofyan said:

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    saya tertarik dengan teknologi pengolahan kotoran sapi menjadi biogas yang benyak bermanfaat.
    kalau tidak keberatan saya ingin tau proses pembuatan biogas beserta skema gambarnya.

    tims..

  3. haryono said:

    saya tertarik dengan teknologi pengolahan kotoran sapi menjadi biogas yang benyak bermanfaat.
    kalau tidak keberatan saya ingin tau proses pembuatan biogas beserta skema gambarnya dan bagaimana hubungan antara saluran inlet, digester, saluran outlet dan penampung gas.

  4. yuyun said:

    biogas memang salah satu energi alternatif yang menjanjikan.
    klo bisa saya ingin tahu proses pembuatannya yang detail beserta gambar atau skemanya, terimakasih…

  5. chatoel said:

    salam kenal
    kebetulan saya sekarang lagi penelitian pendataan peternak di kecamatan Prambanan, peternak banya mengeluhkan pemanfaatan kotoran sapi yang maksimal, seperti yang saya temukan disana belum adanya pemanfaat limbah ternak hanya dibiarkan begitu saja sampai menjadi kompos baru dipindahkan ke ladang sawah peternak. saya mahasiswa swadaya peternak. saya mohon bantuan dalam hal litteratur pembuatan biogas kotoran sapi potong. trim’s

  6. agus said:

    Saya mahasiswa elektro, sekarang sedang mencari bahan untuk skripsi. Saya tertarik dengan sistem biogas yang bapak buat. Kalau bapak tidak keberatan saya ingin tahu teknik pembuatannya beserta skemanya. Tolong di kirim ya pak..

  7. Bagus said:

    Saya praktisi pertanian,ingin info lengkap kalau ingin membangun instalasi di daerah daya Jombang Jawa Timur berapa biayanya.Karena saya ingin mengaplikasikannya di tempat saya.Mohon infonya

  8. arif said:

    saya ingin mengembangkan, bio gas untuk energi pembangkit listrik tenaga bio, saat ini kami sedang mengembangkan instalasi ethanol, mohon info tenang pembangki listrik tenaga bio, trim’s

  9. shobarul said:

    saya punya renc mengembangkan reaktor biogas di desa saya utk membantu masyarakat sekitar, apakah bapak/ada orang yg mau dan mampu membantu saya, brp biaya yg dibutuhkan dan luas lokasi yg diperlukan brp ?

  10. sholeh said:

    saya tertarik dengan sistem bio gas yang bpk jelaskan. mohon bantuan skema, biaya, teknik pembuatan dan aplikasinya.

  11. nathan said:

    saya sangat terpukau dengan teknologi ini..
    saya berencana akan mencoba membuatnya dalam KKN saya kali ini…
    saya mohon pencerahaannya serta cara membuat media nya.. terima kasih

  12. dimaz setyo said:

    saya ingin mencari tau bagaimana membuat biogas dan berasal dari mana biogas pertama kali di buat .karena di daerah saya banyak sekali limbah tahu yang terbuang dan kurang di manfaatkan maka dari itu saya mengirimkan komentar ini .TERIMA KASIH…………

  13. ari,upn jogja said:

    ass.w.w
    saya sangat tertarik dengan pemanfaatan limbah menjadi biogas.mohon tanya reaksi yang terdapat di dalam reaktor itu sendiri bagaimana ya,secara proses kimia nya dan reaksi yang terjadi bagaimana.
    maturnuwun saderenge
    ass.w.w

  14. moh marjuki said:

    biogas memang salah satu energi alternatif yang menjanjikan.
    klo bisa saya ingin tahu proses pembuatannya yang detail beserta gambar atau skemanya, terimakasih…

  15. mahendra said:

    saya saat ini sangat tertarik dengan metode pengolahan kotoran sapi menjadi biogas. saya mencari informasi tentang perseorangan atau perusahaan yang membuat alat pengolahan limbah sapi ini….bisa ga kita membeli alat tersebut dalam bentuk jadi tinggal pakai…klu bisa minta minta info spek dan harganya…thanks b4

  16. Adi said:

    Saya mau tau berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun instalasi seperti gambar di atas, dan apakah bila biogas dalam penampung sudah habis, apakah digester harus dikosongkan terlebih dulu baru kemudian diisi “tai” yang baru, atau tinggal ditambahkan saja “tai segar” ? Bagaimana jika tabung digester “over loaded” ? Apakah bisa Meledug ?

  17. santi said:

    saya tertarik mengenai biogas,karena memiliki peternakan sapi.jadi bisa memanfaatkan kotoran sapi tsb.bagaimana caranya untuk membuat biogas yg bisa dibawa kerumah dhg tdk perlu memasak dekat kandang sapi?

  18. andi said:

    mohon pertolongan
    apakah septick tank dirumah jg bisa dijadikan instalasi biogas seperti diatas,jk ya bisa minta skema & info lengkap lainya, thx byk.

  19. dony said:

    untuk negeri ini….
    Mohon bimbingan agar bisa diaplikasikan keseluruh penjuru, mohon sekema dibuat secara rinci tahap demi tahap, serta ukuran detail dari setiap bahan yang digunakan mohon disertakan. untuk sistem ini perawatan yang dibutuhkan apa saja?

  20. ryon said:

    Pada inti sangat menarik bagi saya pribadi karena di kampung saya terlaluh byk kotoran sapi yg hanya sebagai pupuk untuk itu mohon pertolongan mas Afa
    klo bisa saya ingin tahu proses pembuatannya yang detail beserta gambar atau skemanya,atau kalau membeli kemana info terimakasih

  21. rahmat said:

    saya punya peternakan sapi sebanyak 25 ekor, saya ingin membuat biogas untuk para peternak, apakah saya bs dibantu dengan mendapatkan skema? tks salam sehat selalu

  22. fandy said:

    Saya mau tanya. bagaimana kontrusi alat penampungan gasnya, mohon diperjelas.
    bagaimana jika biogas yang dihasilkan langsung digunakan(dihubungkan pada kompor gas)
    terimakasih sebelumnya..

  23. fandy said:

    Saya mau tanya pak!. bagaimana kontrusi alat penampungan gasnya, mohon diperjelas.
    bagaimana jika biogas yang dihasilkan langsung digunakan(dihubungkan pada kompor gas)amankah??
    terimakasih sebelumnya..

  24. wibowo said:

    di desa saya banyak peternak sapi.tapi dari semua peternak sapi yang ada di desa saya masih belum mengetahui manfaaat lain dari kotoran ternak mereka selain untuk dijadikan pupuk kandang. oleh karena itu saya meminta bantuan dari teman - teman yang mengetahui cara membuat dan mengoperasikan reaktor biogas untuk skala rumah tangga. atas perhatian nya saya ucapkan banyak terimakasih.

  25. indra said:

    Mohon bimbingan agar bisa diaplikasikan keseluruh penjuru, mohon sekema dibuat secara rinci tahap demi tahap, serta ukuran detail dari setiap bahan yang digunakan mohon disertakan. untuk sistem ini perawatan yang dibutuhkan apa saja?
    atau tuttorialnya bisa didapat dimana?

  26. ali fauzi said:

    mas yg tercinta.saya ponya 22 ekor sapi saya pingin buat biogas untuk pesantrenku dg 250 santri.bisa bantu dak?saya bang napi bom adike amrozi

  27. alfain said:

    klo membuat biogas dr limbah tahu, tau gak caranya?
    sy mempunyai pabrik tahu yg msh produktif sejak thn 80-an sampai sekarang. jujur saya tidak mau mencemari lingkungan. sampai saat ini pengolahan limbahnya masih dilakukan secara sederhana, sehingga sy tidak tahu apakah limbah tersebut sudah layak untuk dibuang kesungai. sekarang banyak lembaga dan media yang berbicara soal pemanfaatan biogas tapi tidak mau men-share cara pembuatannya, padahal ini untuk kemaslahatan kita bersama. ada gak yang mau berbagi ilmunya?

  28. yudianto said:

    Saya sangat tertarik dengan biogas ini, karena di desa kami banyak yang ternak sapi. untuk itu mohon bantuannya skema/gambar detil pembuatan reaktor biogas. terima kasih

  29. MUR said:

    Assalamu Alaikum wr wb
    saya sangat tertarik dengan karya anda` Bolehkah saya minta gambar design alat saudara jika tangki penampung diganti bhn lain gimana“`trims`mohon dibls.

  30. ndang said:

    salam,
    bolehkah saya minta design dan cara pembuatan biogas dari limbah tahu

  31. Agustinus Ta'dung said:

    Saya tertarik dengan sistem biogas yang bapak buat. Kalau bapak tidak keberatan saya ingin tahu teknik pembuatannya beserta skemanya. Tolong di kirim ya pak..
    ke alamat saya Apa cocok dengan bahan baku limba kotoran babi?

  32. Joko Priyanto said:

    Ass. wr.wb
    saya salut dengan apa yang bpk buat, sy ingin mengembangkan biogas didaerah kerja saya yakni di Prov. NTT, mohon sy dikasih gambar dan skema inntalasi serta istimasi biaya..matur nuwun

  33. joko subagyo said:

    Boyolali, 11-9-2008

    Tolong saya di kirimi artikel yang lengkap kaitanya cara membuat reaktor untuk pembuatan biogas dengan bahan limbah, uraikan dan sertakan gambar serta cara kerjanya. karena di tempat saya banyak limbah kotoran sapi.

  34. ok said:

    good site axczte

  35. Hadi Gunawan said:

    Saya tertarik dg pembuatan Biogas. Dapatkah kami diberikan gambar layout/ schema , bahan bahan dan perkiraan biayanya bila ada 10 ekor sapi. Bagaimana kalau jumlah biogas kelebihan/ tidka terpakai ? Dapatkah dimampatkan seperti LPG dalam tabung misalnya ?

  36. afa_05 said:

    to Hadi Gunawan :
    kalo dari tipe di atas, jika kelebihan maka tabung penampung gas akan jatuh dari bis beton. makanya disitu terdapat pengukur yang mengindikasikan gas berlebih atau tidak. untuk saat ini biogas belum dapat ditabungkan seperti LPG.

    to alfain :
    biogas dari ampas tahu bisa. di daerah jogja (tepatnya saya lupa), ada percontohan utk biogas dari ampas tahu yang merupakan industri tahu.

    to fandy :
    biogas memang bisa disalurkan langsung ke kompor, dan tidak terlalu berbahaya dalam pengunaan. sama halnya kita mengunakan LPG saja.

    to andi :
    septic tank bisa juga digunakan utk digester biogas. di solo ada biogas dari kotoran manusia.

  37. sutejo said:

    Pak kami tertarik untuk membuat bio gas kapasitas ada 18 sapi, mohon dikirimkan gambar- gambar untuk pembuatanya

    Terima kasih
    Sutejo

  38. afa_05 said:

    to sutedjo and all :
    I wish I hope to share a biogas installation. please be patient, I will upload the schematic as soon as possible.
    I hope we can share all about biogas, perhaps you have experiences make a biogas installation with other methods.

  39. Eko Pristiawan said:

    saya punya pabrik tahu, selama ini limbah nya telah saya tampung dan saya jadikan energi alternatif biogas. hasilnya cukup lumayan, gas nya bisa buat memasak kedelai, susu kacang kedelai. sisa gas nya selama ini saya buang begitu saja, saya takut kalo kepenuhan bisa meledak. mungkin teman-teman bisa beri informasinya, dimana saya bisa dapatkan alat untuk memindahkan gas tsb. dari penampungan ke tabung-tabung elpiji. Agar gas tersebut bisa dijual di lingkungan saya.
    terima kasih.

  40. afa_05 said:

    to eko :
    setau saya, sampai saat ini belum ada teknologi utk menabungkan biogas seperti LPG.
    kalaupun ingin disalurkan lewat pipa ke rumah2 juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. daripada gas terbuang sia2 mungkin bisa disalurkan untuk dapur umum di suatu tempat misalnya, jadi orang2 yang mau masak bisa menggunakannya dengan iuran sekian rupiah.
    mungkin temen2 ada informasi lain..

  41. danny said:

    apakah boleh tahu bagaimana cara pembuatan mesin biogasnya bapak

  42. kariadi said:

    saya cukup tertarik dengan design biogas ini, sehubungan dgn tersedianya kotoran sapi yang cukup (6 ekor sapi) saya berkeinginan untuk membuat installasi biogas untuk memanfaatkan kotoran tsb….MOHON GAMBAR DETAIL SCOPE PEMBUATAN INSTALLASI BIO GAS TSB…terimakasih, mohon jawabannya di sampaikan ke e-mail : kariadi.dj@gmail.com

  43. andika arie a said:

    Assalamualaikum,,
    perkenalkan nama saya andika, saya mahasiswa UNDIP..
    Disini saya akan melalukan program studi KKN, yang mana desa yang kami tempati untuk KKN ini memiliki potensi kotoran sapi yang cukup besar..
    la disini saya ingin mengembangkan kotoran trsebut sebagai bahan biogas..
    Maksudnya disini ingin minta tolong diberikan penjelasan tentang cara pembuatan biogas. baik itu dari persiapan hingga perawatan biogas tersebut..
    selain itu untuk dapat membuat biogas ini butuh waktu serta harga berapa ya….
    Mohon bantuannYa ya, terima kasih sebelumnya….
    Wassalamualikum Wr. Wb

  44. ariani said:

    Pagi!!!!!!!!!!!!

    Saya mhs Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Saya ingin sharing dengan mas dalam pemanfaatan kotoran ternak untuk biogas. Dari dulu tertarik sekali dengan biogas… Dan belum merasa puas bila tidak bertemu langsung dengan orang yang sudah berpengalaman seperti mas…
    Saya mohon konfirmasinya, Terimakasih.

  45. edo said:

    mo tny. klo biogas dari kotoran babi dan sampah organik, proses pembuatannya bagaimana? balesnnya tolong dikirimkan ke email saya ya. sebelumnya, terima kasih banyak

  46. Iwan said:

    Saya sangat tertarik dengan adanya reaktor biogas. Yang ingin saya tanyakan : Untuk keperluan rumah tangga SEDANG biaya yang di butuhkan untuk memmbuat reaktor berapa dan membutuhkan kotoran sapi berapa ekor? Terimakasih

  47. Iwan said:

    Saya sangat tertarik dengan adanya reaktor biogas. Yang ingin saya tanyakan : Untuk keperluan rumah tangga SEDANG biaya yang di butuhkan untuk memmbuat reaktor berapa dan membutuhkan kotoran sapi berapa ekor? Terimakasih Tolong kirim lewat e mail sekalilagi matur nuwun!

  48. Fajarudin said:

    seperti coment temen2 yang lain, saya jg sangat tertarik dengan teknologi ini. Mohon untuk bisa bagi gambar skemanya.
    Kebetulan saya mengampu beberapa organisasi, mungkin ini bsa kita gunakan sebagai program bagus untuk masyarakat.terimakasih banyak.
    Mari selalu berlomba dalam kebaikan

  49. helrik said:

    Saya tertarik dengan sistem biogas yang bapak buat. Kalau bapak tidak keberatan saya ingin tahu teknik pembuatannya dan tolong kirimkan skemanya pak. Tolong di kirim
    lewat email saya…
    Apa cocok dengan bahan baku limba kotoran babi?

  50. panji said:

    mas apakah digesternya gak perlu pake pengaduk? bagimana dengan digester yang digunakan untuk biogas eceng gondok…. mohon penjelasannya. mngkin bisa dikirin ke e-mail saya….

  51. Pdt. I Nyoman Yohanes said:

    Selamat. Saya amat tertarik dengan sistem biogas yang bapak buat. Kalau boleh saya ingin tahu teknik pembuatannya dan tolong kirimkan skemanya bahkan gambar realnya ke email saya. Untuk digunakan bagi pemanfaatan tinja anak-anak Panti Asuhan yang saya pimpin. Terimakasih.

  52. sri suharyono said:

    Saya mau tanya,bagaimana cara membuat biogas dalam skala kecil dari limbah pembuatan tempe.tolong kirim cara dan skemanya ke email saya. TQ.

  53. Edy pramono said:

    Mohon saya dikirimkn skema cara pembuatan biogasnya yg lengkap beserta bahan bahannya.trims

  54. Edy pramono said:

    Mohon saya dikirimkan ke email saya skema cara pembuatan biogasnya dan bahan bahannya.email saya edipramono66@yahoo.com.makaci

  55. Rommy Irawan said:

    saya sangat tertarik dengan biogas dan ingin mengaplikasikannya di desa, karena basic saya bukan dari jurusan teknik. maka mohon bantuan untuk pembuatan (skema) dan rincian biaya (alat + pembuatan)
    terima kasih

  56. rohim said:

    pak saya tertarik dengan apa yang telah bapa lakukan ….

    kira2 bisa gk biogas dimasukkan ke dalamtabung???
    caranya bagaimana???

    mohon tanggapanya!!

  57. Benyamin Banoe said:

    Saya berasal dari NTT, tertarik untuk mengembangkan biogas tahi sapi untuk memasak dan listrik karena ditempat tersebut di mamlasi kecamatan amfoang timur kabupaten kupang sangat terpencil dan kesulitan BBM,juga karena tempat tersebut merupakan penghasil sapi tetapi yang terpenting adalah menjaga hutan dari penebangan untuk dijadikan kayu api. mohon bantuan dan bisa menghubungi saya di email tersebut atau no Hp 081333098044. Terima kasih

  58. Benyamion Banoe said:

    Salam.
    Saya sangat tertarik untuk info ini karena kami ingin melaksanakan pekerjaan ini di daerah asal saya di amfoang, kabupaten kupang, NTT yang terisolasi total jika musim hujan karena kondisi jalan yang rusak dan belum ada jembatan. mohon skema dan perhitungan lengkap pembuatan skala kelompok 20-40 rumah. bisa lewat email saya atau Hp 081333098044, dan saya akan menghubungi Bapak kembali.terima kasih

  59. daniel mendila said:

    saya tertarik dengan teknologi dan pembuatan bio gas ini, dan saya ingin menanyakan satu hal tentang durasi biogas yang bisa diproduksi untuk satu kali umpan bahan baku kedalam digester.

  60. ZAINUDDIN said:

    SALAM……
    permisi saya ingin belajar lebih lanjut tetang pembuatan BOIGAS TAHU.kepada siapa saya belajar tolong ….bri saya alamat atau no HP guru yang bisa langsung praktek tentang BIOGAS TERIMA KASIH……
    WASALLAM……….

  61. Indra Popeye said:

    Kalau anda ingin cepat bisa membuat sirkulasi kotoran/bahan organik menjadi gas hasil fermentasi lihat saja proses kerja dari alat las karbit yang ada dibengkel-bengkel mobil prosesnya sama, selanjutnya anda modifikasi sendiri sesuai dengan bahan yang ada yg menurut anda lebih simpel, apakah dari besi atau disemen permanen

  62. dikso said:

    salam kenal pak,

    saya dikso,seorang yang ingin tahu kendala yang terjadi waktu biogas itu di pakai untuk menghidupkan genset apa ada kendala dan jika ada apa yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan kendala itu,dan kalau boleh saya minta skema dari biogas yang bapak kembangkan.terima kasih

  63. nurhaji madjid said:

    saya dari aliansi masyarakat adat sul-sel
    tolong beri info :
    1. pembuatan biogas, dan peralatan,gambar sketsa.
    2. bahan baku tinja manusia,hewan dan hijauan
    3. bakteri pembangkit jika ada,
    4. rencana untung penampungan tinja dari tangki air 1 m3 bahan plastik.

  64. ayam seto said:

    aslamualaikum. . .
    saya slah stu komponen msyarakat d daerah plosok gunungkidul yg terkenal dg kekeringannya. . yg teterik dg pemanfaatan limbah kotoran menjadi biogas..
    d t4 kmi potensi akan ternak ayam,akn ttpi kmi msh kbingungan akn pengolahan limbah yg dhasilkan. . .sementara ni kmi pegnakn sbg pupuk. . .mohn bapk/ibu kerjasamanya dlm mengmbgkn daerah kmi. .mohn sya dbimbing Kalau boleh saya ingin tahu teknik pembuatannya dan tolong kirimkan skemanya bahkan gambar realnya ke email saya..trimakasih.
    wasalamualikum. .
    NB:kmi tgu jwbn dr bpk/ibu secepatnya. .
    jml aym -+ 6rb ekor.

  65. eki said:

    tolong krimin skema gambar pembanguanannya donk.
    tanks….. maju terus indonesia

  66. Ary said:

    Asslm,
    saya tertarik dengan info reaktor biogaas sdr, mhn bantuan cara membuat reaktor biogas ini.

    tq..

  67. giarto said:

    pak ….?saya ingin menjadi murid anda bolh gak?

  68. yayak_ugama said:

    ass–
    mas saya berkeinginan membuat digester biogas di desaku.Kira-kira testimoni dari masyarakat sekitar bgaimana ya mas,,,mohon berkenan membagi ilmu yang sudah mas dapet
    trima kasih

    wass—

  69. yones said:

    saya tertarik sekali dgn pembahasan tentang biogas.tolong di kirim skemanya pembuatanya dan instalasinya sehingga bisa dimanfaatkan untuk penerangan.thnx..

  70. muhammad ikbal said:

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    saya tertarik dengan teknologi pengolahan kotoran sapi menjadi biogas yang benyak bermanfaat.
    kalau tidak keberatan saya ingin tau proses pembuatan biogas beserta skema gambarnya.
    kira butuh biaya berapa ya?

  71. pian said:

    saya sangat antusias dengan pembuatan biogas yang ada di sewon. bisa tidak berikan sedikit tentang cara pembuatan dengan alat yang sederhana.

  72. hendro suseno said:

    saya sangat tertarik dengan biogas dan ingin mengaplikasikannya di desa, karena basic saya bukan dari jurusan teknik. maka mohon bantuan untuk pembuatan (skema) dan rincian biaya (alat + pembuatan)
    terima kasih

  73. mitra samadara said:

    selamat siang!!! saya tinggal di papua tepatnya di kabupaten nabire sy ingin mendapatkan informasi ttg biogas.baik pelaksanaan maupun perawatannya… mohon bantuannya… trims!! moga bpk slalu diberikan rahmat… dan pastinya negeri qta akan semakin makmur.. karena ide dan kreativitas anak bangsa… semangat!!!

Leave a comment?